nick name


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 12 Maret 2011

Bursa saham asia jatuh



 Bursa saham Asia jatuh, membawa indeks patokan regional di jalur penurunan mingguan terbesar sejak Mei. Gempa bumi besar yang melanda Jepang, kekerasan di Timur Tengah dan naiknya pengangguran AS menjadi katalisnya.
Indeks MSCI Asia Pacific pada Jumat (11/3) turun 1,4% menjadi 134,20, dengan sembilan saham turun untuk setiap yang naik. Indeks mengalami penurunan 4% pekan ini dan di jalur penutupan terendah sejak 20 Desember.
Indeks pekan lalu naik 1,9% karena data ekonomi Korsel dan AS yang lebih baik dari estimasi, mendorong kepercayaan dalam pemulihan global, mengatasi kekhawatiran bahwa kerusuhan Timur Tengah akan melambungkan harga minyak dan menahan pertumbuhan.
Indeks MSCI Asia Pacific telah naik hampir dua kali lipat dalam dua tahun terakhir. Sempat jatuh ke level terendah delapan tahun pada 9 Maret 2009, setelah pengajuan kebangkrutan Lehman Brothers Holdings Inc pada September 2008.
Kang Shin Woo, kepala investasi Korea Investment Management Co di Seoul mengatakan, gempa bumi Jepang menambahkan ketidakpastian lain untuk pasar yang sudah terganggu dengan gejolak Timur Tengah dan kekhawatiran utang Eropa, “Ini bisa meningkatkan kekhawatiran atas ekonomi Jepang yang telah menunjukkan beberapa tanda-tanda pemulihan."
Indeks Nikkei 225 di Tokyo turun 1,7%, setelah gempa bumi berkekuatan 8,8 richter terjadi di lepas pantai utara, beberapa menit sebelum penutupan perdagangan. Peringatan tsunami tertinggi dikeluarkan untuk pantai timur laut.
Televisi nasional NHK menampilkan gambar musibah, dimana dari tsunami melanda sebuah gudang di Kamaishi di prefektur Iwate, dengan mobil, truk dan bangunan terendam. Kapal yang ditampilkan menabrak dinding pelabuhan.
Indeks Kospi Korea Selatan tenggelam 1,3% dan indeks S & P / ASX 200 Australia turun 1,2% dan indeks Hang Seng di Hong Kong tergelincir 1,6%. Indeks Komposit Shanghai China anjlok 0,8%, dimana data pemerintah menunjukkan harga konsumen naik 4,9% pada Februari dari tahun sebelumnya, melebihi target pemerintah 2011 untuk bulan kelima.
Kontrak pada S&P 500 turun 0,4% hari ini. Indeks jatuh 1,9% kemarin di New York. setelah Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan klaim tunjangan pengangguran pertama kali naik 26 ribu menjadi 397 ribu dalam pekan yang berakhir 5 Maret, lebih dari perkiraan median ekonom sebesar 376 ribu. Selain itu, defisit barang dan jasa meningkat 15% menjadi US$ 46,3 miliar pada Januari karena lonjakan impor yang dipimpin tingginya minyak mentah.
Honda Motor Co, produsen mobil Jepang yang mendapat sekitar 44% penjualan di Amerika Utara, tergelincir 2,7% di Tokyo. Kerugian terjadi setelah gempa mengguncang bangunan di pusat keuangan kota. Toyota Motor Corp, produsen mobil terbesar dunia, turun 1,5%. Li & Fung Ltd, pemasok terbesar Wal-Mart Stores Inc, turun 2,9% di Hong Kong.
Shane Oliver, kepala strategi investasi di Sydney pada AMP Capital Investor Ltd mengatakan, situasi di Timur Tengah memicu koreksi pasar dan sekarang kita melihat kekhawatiran baru tentang utang Eropa, dan ada kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang pengetatan moneter di Asia,"Semua masalah tersebut menggabungkan dan membuat investor agak gugup."
Minyak mentah untuk pengiriman April turun 1,6% menjadi US$ 102,70 per barel di New York kemarin, setelah jatuh 3,6% sebelumnya. Minyak melemah setelah polisi di Arab Saudi, Timur Tengah, produsen terbesar minyak mentah, melepas tembakan di timur negara itu.
Daelim Industrial Co, yang mendapatkan 22% penjualan dari Timur Tengah, merosot 4,7% di Seoul. Koreksi ini memimpin perusahaan konstruksi Korea Selatan turun setelah polisi membubarkan protes di Arab Saudi kemarin. Hyundai Engineering & Construction Co, yang memfaktorkan Timur Tengah di luar pasar terbesar perusahaan Korea Selatan, turun 2%. GS Engineering & Construction Corp turun 3,8%.
Saham bangunan Korea Selatan memenangkan US$ 47,25 miliar pesanan dari Timur Tengah tahun lalu. "Beberapa berita dari Saudi membangkitkan sentimen terhadap pembangun," kata Lee Jin Woo, manajer dana di Seoul pada KTB Asset Management Co, "Ketidakpastian atas situasi di Timur Tengah mungkin agak lama berakhir."
Produsen bahan baku jatuh setelah indeks London Metal Exchange untuk enam logam termasuk tembaga dan aluminium turun 0,4% kemarin, jatuh untuk hari kedua ke level terendah sejak 26 Januari. BHP Billiton turun 1% di Sydney. Rio Tinto Group, perusahaan tambang terbesar kedua dunia, turun 2%. Jiangxi Copper Co, produsen logam terbesar China, melemah 1,5% di Hong Kong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages