nick name


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 12 Maret 2011

Perdagangan Bursa Berjangka



Hari Jum'at tanggal 11-03-2011 kemarin saya mengikuti sebuah seminar di universitas gunadarma J1 lantai 6 kalimalang, dengan bertema "Seminar Bursa Berjangka Learning Center sebagai Pusat Kegiatan Ilmiah, Sosialisasi Bursa Berjangka, Sarana Pembinaan Enterpreneurship dan Professionalisme Dosen serta Mahasiswa
 seminar itu di khususkan untuk fakultas di bidang ekonomi, tetapi yang termasuk non fakultas ekonomi di bolehkan juga untuk mengikutinya. Besar sekali peluang untuk mahasiswa fakultas lain seperti saya bisa mengikuti kegiatan tersebut.


Di dalam kegiatan itu saya mendapatkan beberapa ilmu dari bapak-bapak narasumber dan moderatornya seperti definisi Kontrak berjangka atau juga dikenal dengan sebutan futures contract dalam dunia keuangan merupakan suatu kontrak standard yang diperdagangkan pada bursa berjangka, untuk membeli ataupun menjual aset acuan dari instrumen keuangan pada suatu tanggal dimasa akan datang, dengan harga tertentu. Tanggal dimasa akan datang tersebut disebut dengan istilah tanggal penyerahan atau dikenal juga dengan istilah delivery date atau tanggal penyelesaian akhir (final settlement date). Harga tertentu disebut dengan istilah harga kontrak berjangka (futures price). Harga dari aset acuan pada saat tanggal penyerahan disebut dengan istilah harga penyelesaian (settlement price).

Kontrak berjangka, atau disingkat "berjangka" atau futures, adalah merupakan suatu instrumen derivatif yang diperdagangkan di Bursa. Lembaga kliringakan bertindak selaku mitra transaksi atas semua kontrak yang diperdagangkan, dan menentukan aturan marjin yang dibutuhkan , dllSuatu kontrak berjangka menimbulkan "kewajiban" kepada pemegang kontrak guna melaksanakan pembelian atau penjualan dimana berbeda dengankontrak opsi yang memberikan "hak" dan "bukan kewajiban". Pada kontrak berjangka ini, kedua belah pihak "wajib" untuk melaksanakan kewajiban masing-masing pada tanggal penyelesaian, dimana sipenjual akan menyerahkan komoditi yang dijadikan aset acuan kepada pembeli dan pembeli wajib membeli dengan harga penyelesaian yang telah disepakati. Apabila kontrak berjangka dilakukan dengan cara penyelesaian tunai ( tanpa penyerahan barang) maka pelaku perdagangan berjangka yang mengalami kerugian wajib untuk mentransfer sejumlah uang tunai kepada pelaku perdagangan yang memperoleh keuntungan. Kontrak berjangka dengan penyerahan tunai hanya diperbolehkan kalau harga penyelesaian aset acuan sudah dapat diterima umum seperti misalnya harga saham yang diperdagangkan di bursa saham. Untuk bebas dari kewajiban pada tanggal penyelesaian akhir maka pemegang posisi pada kontrak berjangka harus melakukan perhitungan atas posisinya baik dengan melakukan penjualan posisi "long" ataupun melakukan pembelian kembali posisi "short" yang secara efektif akan menutup posisi kontrak berjangka serta kewajibannyanya berdasarkan kontrak tersebut.
yang mengadakan seminar tentang bursa berjangka tersebut adalah PT Askap yang telah lama bekerjasama dengan universitas Gunadarma, selain penjelasan di atas saya dapat lebih mengenal beberapa type order seperti : 

Market Order = Amanat Beli atau Jual yg disampaikan    nasabah ke pialang yg prioritas karena harga pasar

—Limit Order = Amanat Beli atau Jual yg disampaikan nasabah ke pialang dengan harga yg sudah dicantumkan pada amanat
—Market if Touch Order = Amanat Beli atau Jual yg disampaikan nasabah ke pialang dgn harga yg sudah dicantumkan pada amanat. 
Begitu harga menyentuh harga tersebut, amanat berubah jadi Market Order 
dan penjelasan yang lain-lain, disini saya di ajarkan untuk menjadi sebuah enterpreneurship yang mempunyai ide cemerlang dan tidak malas, karena sebuah kesuksesan itu dihasilkan dari knirja yang sangat keras (rajin) dan tidak patah semngat.
begitu juga bursa berjangka telah mendapatkan izin dari BAPPEBTI serta tidak melanggar syariah agama islam karena sudah terdapat di dalam hadits shahih bukhari bab xxxv tentang salam.
salah satu cerita yang sangat menarik dan mendalam perkataan yang di maksud dari Bp yoke : " di dalam bursa berjangka tidak ada namanya persaingan antar sesama yaitu contohnya > seperti balapan F1 dimana di balapan itu kita harus dapat memenangkan pertandingan untuk menjadi juara 1 harus lebih dulu di posisi pertama, nah tetapi berbeda dengan balapan yang lain seperti Rally yaitu balapannya tidak bersaing/saling mendahulukan mendapat posisi pertama, balapan ini adalah mengejar waktu yang paling tercepat waktu yang ia raih maka ia dapat memenangkan Rally tersebut seperti bursa berjangka siapa yang lebih tampil provesional dan cakap maka ialah yang mendapat point terbesar di dalam kinerja dunia bursa berjangka".
  Bursa Berjangka sangat diperlukan dalam zaman modern sekarang ini karena perdagangan berjangka merupakan salah satu sarana yang efektif untuk mendukung pengembangan ekonomi suatu negara. Hal ini dimungkinkan karena Perdagangan Berjangka merupakan  sarana lindung nilai ( Hedging ). Perdagangan Berjangka Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berbagai peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk lebih mendorong tumbuhnya Perdagangan Berjangka Indonesia. Perkembangan tersebut tentunya membutuhkan SDM yang memahami pengetahuan tentang seluk beluk Perdagangan Berjangka dan tekhnologi modern. Hal tersebut menuntut kesiapan para lulusan perguruan tinggi untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berubah. Oleh karena itu kemampuan kecepatan mendapatkan informasi menjadi sangat penting bagi semua lulusan perguruan tinggi yang ingin berkecimpung di dalam Perdagangan Berjangka.

terdapat materi seminarnya silahkan bisa di download :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages