nick name


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 24 Maret 2011

pasar monopoli


Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Biasanya keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan monopoli adalah keuntungan melebihi formal dan ini diperoleh karena terdapat hambatan yang tangguh yang dihadapi perusahaan-perusahaan lain untuk memasuki industri tersebut.
a.       Beberapa aspek khusus pasar monopoli
1.      Ciri-ciri pasar monopoli
·         Hanya terdapat satu penjual atau produsen
·         Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli.
·         Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup banyak orang.
·         Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit di dapat.
·         Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan.
·         Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses.
·         Merupakan industri yang terdiri dari satu perusahaan di mana terdapat hambatan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk memasuki pasar. 
·         Beberapa hambatan masuk berupa waralaba pemerintah, paten, skala ekonomi dan keunggulan biaya lain, kepemilikan atas faktor produksi yang langka.


PASAR MONOPOLI
Kelebihan:
  • Monopoli yang diberikan pemerintah dalam bentuk penghargaan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi di kalangan perusahaan
  • Monopoli yang disebabkan adanya economies of scale dapat meningkatkan daya saing perusahaan
  • Monopoli yang dilakukan pemerintah dapat mengontrol kepentingan orang banyak terutama untuk produk yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak
Kelemahan:
  • Monopoli karena pasar dikuasai oleh seorang penjual dapat memberi peluang bagi perusahaan tersebut bertindak sewenang-wenang sehingga akan merugikan konsumen
  • Dapat menyebabkan produksi berjalan tidak efisien
  • Memungkinkan penjual melakukan praktik diskriminasi harga untuk produksi yang sama
  • Dapat mengurangi pelayanan terhadap konsumen
  • Dapat menyebabkan konsumen tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pilihan

PASAR MONOPSONI
Kelebihan:
  • Kualitas barang terjamin
  • Harga produk tidak terlalu tinggi
Kelemahan:
  • Produsen berada pada pihak yang lemah
  • Produk yang dianggap rendah mutunya tidak akan dibeli sehingga produk yang gagal sering dibuang
  • Produksi berjalan tidak efisien karena biasanya pembeli dalam pasar monopsoni bukan merupakan konsumen
Ciri-ciri:
  • keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas

 
PASAR OLIGOPSONI
Ciri – ciri :
  • keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
PASAR OLIGOPOLI
Adalah suatu bentuk peraingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh indrusti yang termasuk oligopoli adalah industri semen di indonesia .
Ciri-ciri:
  • Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
  • Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. 
  • Semua usaha promosiiklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages